Malam itu . . .
Rahma: AtmOsfer rapat kmrn bner2 ga enak.. Ga mw lg. .
Nisa: biar jd plajaran. Yg aq tgkep, ikhwn tnyt msh bsifat indvidualistis, dan blm mw saling mrangkul, pdahal ilmu agmany jauh tggi. Utk orgnisator jg blm maksimal. Qt blajar dr hal itu..
Rahma: Bukan hal itu, aku kan rapat dr awal.. Dan sptnya ad mslh pribd dbw2 pas rapat. . Bner2 ga enak
Nisa: Sok bilg aj. Emg ad ap.. da aq cm ikt sdikit kan, jd situasi yg aq bca jg dkit
Rahma: Gni, pas mulai kan ikhwan cm b’2, trus yg bka k’sansan, pmbukaan ga ad tilawah, trus t’widi marah teriak tilawah dulu! Udah tilawah, trus kan msuk k acra lama2 mrka bnyk dbatnya, trus t’widi minta ikhwan laen yg ngomong.. Pkoknya ga enak lah aku n ipeh nya, trus ikhwn2 pd ga ngmong, trus akhrnya k’diki lap PHD tp t’dw ngbhas lg yg logistik lg, dan aku bru pertma ngdnger k’sandro, k’diki sewot.. Haha, bru pas dteng ketuplak, beliau yg mimpin. Tp y gt situasinya ga nyaman bgt . .
Nisa: twdi udh crita jg brusan. Kalo yg twdi smpaikan bgni,, pgen d biasakn d awali tilawah, supya lbih brkah, bkmpul mlaikat.kan ga ad yg pgang lgistik y? tkutny ntar lempar2an tgas pas hr H. soalnya stiap twdi sms tkait kajian k 3 akang, y kyk pingpong aj, cb tny k kg ini aj, dsb, jd asa ga tahu menahu pdahal mreka kan msuk jajaran PJ. Dan mreka ga nghub pj tmbakan, kyk asep n kg diki sndiri. Twdi bharap acra ini bs tknsep dgn baik d awal dgn psiapan n prencnaan yg baik, jgan d nanti2, khwtir riweuh d hr H. sms aq tntg ikhwn td mgkin alasan dr aq knp bs tjadi rapat kyk tdi..
Rahma: Hm.. Tp mungkin cranya ga bs dpaksakan jg nis, krna keadaan ikhwan kita tw sndiri dikit dan pd sbuk, da mrka jg pd ngrjain bag yg laen ga diem da mrka jg, kerja sm itu btuh lho kita jg btuh org2 ny kan ini tuh acra brsm, ga mau lah aku mah pd kaku gtu serba slah. .
Nisa: agk aneh jg, rapat unit dkwah tp ga d biasain tilawah. hmm.. kykny ntar latian jg tilawah dlu, hehe
Rahma: Tilawah amalan baik, tp klo dibiasakan (dawamkan) khwatir jd bid’ah (hal yg baru). Setau aku mah di hadits jg utk membuka suatu acra ato keg yaitu shalawat biasanya d pembukaan (bukanya yg tlah dcontohkan rosululloh itu sebaik2nya cntoh? Lalu knp msh menggunakan logika ato perasaan yg menurut kita baik) klo mNurut aku mah jd ga ush d haruskan sblm lat krn lmbga dakwah, mudah2an kita bs mengikuti rosul semaksimal mungkin. Aamiin
(beberapa sms terlewat)
Rahma: Jgn cm jd babu mksud?
Nisa: hrusnya sling memahami,, yg sibuk ga cm mreka, tp qta hrus bs 100% dmana pun. Hmm bingung kalo beda prinsip y.. blajar manajemen knflik y d orgnisasi. Wlau diam tp sbnarnya bpikir kras,jgan cm jd babu.. subhanallah.. berat..
Rahma: haha.. entahlah, hny kta2 yg tbsit d pkiran dan cocok, haha jd Cuma nurut2 aj gtu.. tp ga mw ikt bpikir.. pdahal mnusia kan emg tkdirny bnyk bpikir.. tkait tilawah, innamal a’malu binniyat jg ya
Rahma: Iya, tp niat nya baik tp cr nya ga sesuai te2p aj, kan hrusnya niat yg baik dan cr ny jg sesuai yg dcnthkan rosul bkan hny baik mnurut kita. Mf y nis, sm skali ga mw ngguruin cm aku b’bg ilmu yg aku tau, ditrima ato nggak t’serah yg pnting udh menyampaikan yg haq.
Menanggapi persoalan di atas, Nisa meminta pendapat kepada beberapa teman dekat dan kakak tingkatnya.
Teh Ammah: Semua orang itu melakukan usaha terbaik menurut versi masing - masing. Cara yg kurang baik menurut kita, bisa jadi cara terbaik menurut orang lain. Hal seperti itu pasti ada d kehidupan kita sehari -hari. Kita hargai usaha itu dan nasehati oleh kita dengan baik pula. Ud’u ilaa sabiili robbika bil hikmati wal mau’idzatil hasanah wa jaa dilhum billati hiya ahsan.
Nisa: nuhun jawabannya teh. Nisa terharu, hiks.
Teh Ammah: Rapat di kampus saja yang mahasiswanya dominan berilmu Islam tinggi sudah timbul banyak pendapat, apalagi d DPR MPR yg banyak orang minim ilmu Islam dn cenderung korup, pasti pendapatnya lebih beragam dan banyak pertentangan, debat urat saraf. Subhanallah ikhwah kita yang dakwah disana. Siapa yang akan meneruskan estafet dakwah itu kalau bukan mahasiswa yang kritis, yang pandai bergaul sama semua orang, yang penampilannya enak dilihat, yang ramah sama semua orang, yang cerdas intelektual emosi spiritual?
Nisa: ya mungkin disini letak keberagaman manusia. Ada yang kritis, ada yang ustadz, ada yang jahat juga, kalo semua kritis entar jadi anggota DPR semua lagi, ha ha.
Teh Ammah: Ibu rumah tngga jg hrus kritis,spy masak ny ga itu2 aj. Anak kcil jg hrus,spy bs dpt strategi merayu orang tua beli in mainan. Pemulung hrus krtis spy dpt ide gmn caranya nyiptain mesin otomatis pngolah smpah. Smua orang hrus krtis klo mau maju dn sukses^^
Nisa: sip2. ya td mnggapi org yg dr sonony susah kritis. Blajar bareng2 spy kritis..heu
Teh Ammah: itulah hebatnya amal jama’I ^^
Vivi: klo bgtu mkn dgn sendok bidah? Krn itu tdk d cntohkan rosul dn itu pmbiasaan? Klo mnrt vi mah, emg tdk d haruskan tlawah, misal dgn mngucap slwt dn mmbka dgn basmalah itu cukup. tp..tdk smw keg rpat qt dpt efektif, trlebih jk d himp. Tlwh mrpk benteng dr kesia2n ktka rapat. Rpt qt dgn rsulullah dlu brbeda.qt mah byk bcnda dn mksiat’y mgkn. Wallahualam
Ifa: Amin,, Sebelumnya Jzklh khOir buar pengingatny.. Tak perlu meributkan sesuatu yg memang tak layak diributkan, biarkan itu menjd keyakinan msing2 orang, selagi tidak keluar dr aqidah islam. Hmm.. Gak usah dipermasalahkan,, msh bnyk permasalahan yg harus diselesaikan, ex:mOral gen.bgsa,allahualam
Teh Sofi: Apa lndasanY mnybutkn bid’ah? Krn yg tth tahu,ad sbuah hadits yg mngtakan dalam suatu majelis yg tdk dbckn alquran,mka tdk akn dbrkahi.Tpi t lupa smber rinciY,ntr cb dcri dlu. Klo alsnY krn pd jman rasul tdk ad amln sprti itu,krn memg pd dsarx isi dri stiap prkmpulanY bnyk m’bhas ttg ilmu alquran…
Menanggapi percakapan via handphone di atas beserta sms – sms masukan dari beberapa orang, ingin rasanya menggali lebih jauh persoalan di atas. Permasalahan yang terjadi dalam suatu organisasi, baik itu hal kecil maupun besar, pasti ada dan seringkali menimbulkan perdebatan. Apa itu salah? Tentu saja tidak, bahkan bisa dikatakan baik, karena dengan begitu tiap invidu akan belajar bagaimana cara menghadapi persoalan tersebut. Kuncinya dengan ilmu dan pengalaman.
Terkait itu, penulis tergelitik untuk mencari lebih jauh tentang apa itu bid’ah? kenapa tilawah harus selalu ada dalam sebagian besar pembukaan suatu perkumpulan? benarkah merutinkan tilawah itu bid’ah?
Bid’ah menurut bahasa berarti segala sesuatu yang diciptakan dengan tidak didahului contoh – contoh.
Menurut istilah, suatu ibarat (gerak dan tingkah laku lahir batin) yang berkisar pada masalah – masalah agama (syari’at Islamiyah). Dilakukannya menyerupai syariat dengan cara yang berlebihan dalam pengabdian kepada Allah Swt.
Sumber lain mengatakan bahwa bid’ah adalah sesuatu yang baru dalam agama, setelah agama itu dinyatakan sempurna dan setelah wafatnya Nabi. Sesuatu yang diciptakan namun menyalahi kebenaran yang diterima dari Rasulullah Saw dan prinsip agama yang benar.
Pembagian bid’ah ada beberapa macam, salah satunya
1. Bid’ah diniyah yaitu berdoa kepada selain Allah, seperti kepada para nabi atau orang shalih, meminta pertolongan kepada mereka, menjadikan kuburan mereka sebagai masjid, menyalakan lampu di atas kuburan mereka, dan melakukan thawaf di kuburan mereka.
2. Bid’ah duniawiyah, yang berkaitan dengan kemashlahatan dunia, hukumnya boleh, selama itu bermanfaat, tidak menimbulkan kerusakan atau memancing niat jahat, tidak melanggar hal – hal yang diharamkan dan tidak merusak nilai agama. Allah membolehkan hamba – hambanya melakukan kreativitas demi kemashlahatan hidup di dunia.
Secara garis besar, bid’ah adalah sesuatu hal baru yang tidak terdapat pada konteks ajaran Islam yang dibawa Rasulullah Saw., baik dalam masalah aqidah maupun syariah yang aturan – aturannya sudah dijelaskan dalam Al Qur’an dan As Sunnah secara rinci. Adapun masalah – masalah yang berkaitan dengan hubungan sosial, seperti urusan mengatur negara, pertanian, kedokteran, strategi perang, dll, semua ini tidak bisa dikategorikan bid’ah (bid’ah dalam arti bid’ah diniyah).
Allah Swt memberikan kebebasan berpikir bagi manusia untuk mengungkap rahasia alam. Sebab itu, tidak tepat jika setiap hasil rekayasa manusia terhadap alam disebut sebagai bid’ah. Justru di antara tanda – tanda orang yang berakal sehat adalah punya kemampuan untuk mengembangkan akal pikirannya yang hasilnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan semua pihak. Dengan kata lain, umat Islam jangan memperbincangkan/ mengutak atik masalah yang sudah jelas halal haramnya. Pun tidak boleh terlalu cepat menganggap bid’ah terhadap sesuatu yang belum jelas kebid’ahannya.
Berdasarkan teori tentang bid’ah di atas, penulis menyimpulkan bahwa bid’ah tidak selalu buruk, tergantung masalah apa yang disinggung. Bid’ah tentang akidah dan syariat itu jelas haram. Sedangkan bid’ah dalam hubungan sosial itu justru harus dikembangkan agar mashlahat. Dalam penyebutan zaman sekarang, bid’ah akidah disebut bid’ah dan bid’ah sosial tidak disebut sebagai bid’ah,
Penulis sependapat dengan pernyataan Teh Sofi bahwa tidak ada dasar menyebut merutinkan tilawah sebagai bid’ah. Tilawah Al Qur’an memang tidak dicontohkan Rasulullah dalam setiap pertemuan atau kegiatan sosial, karena pada dasarnya isi dari pertemuan itu membahas tentang Al Qur’an. Pernyataan Vivi juga mendukung pendapat tersebut bahwa tidak semua kegiatan rapat dapat efektif. Rapat kita dengan Rasulullah berbeda, kita cenderung banyak bercanda dan maksiatnya. Tilawah merupakan benteng dari kesia-siaan itu.
“Barang siapa membaca sepuluh ayat Al Qur ‘an pada setiap malam, maka dia tidak akan digolongkan orang – orang yang lalai.” (HR. Hakim, Hadits Shahih)
Lalai dapat disebabkan oleh godaan syetan. Godaan syetan menyebabkan korbannya lalai dalam mengingat Allah sehingga mudah melakukan perbuatan dosa/ meninggalkan kewajiban agama.
Sangat luar biasa kekuatan Al Qur’an, salah satu mu’jizat Rasulullah. Beliau mewariskan sesuatu yang dapat menjaga kita dari kelalaian. Selain itu kita juga akan memperoleh naungan malaikat dan namanya disebut – sebut Allah.
“Suatu kaum yang berkumpul di salah satu masjid untuk membaca Al Qur’an dan mempelajarinya secara bersama di antara mereka niscaya akan diberi ketenangan, dinaungi rahmat, dipayungi malaikat, dan disebut nama – nama mereka oleh Allah di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)
Subhanallah, oleh karena itu hendaklah kita membiasakan diri berkumpul di masjid dan di tempat – tempat thalabul ‘ilmi membaca Al Qur’an secara bergantian supaya kita memperoleh fadhilah yang disebutkan oleh Rasulullah Saw. di atas. Kita hendaklah senantiasa berusaha menjadikan kegiatan membaca Al Qur’an sebagai agenda kegiatan sehari – hari. Orang yang tekun membaca Al Qur’an tidak akan malas melakukan kewajiban agama, amar ma’ruf nahi munkar, membantu orang – orang yang terlantar, dan lain lain. Insya Allah rapatpun akan efektif. Wallahu’alam
Pustaka
‘Abdussalam, Syaikh Muhammad. 2005. Bid’ah Bid’ah yang Dianggap Sunnah. Jakarta Timur: Qisthi Press
Hsubky, Drs. KH. Badruddin. 1994. Bid’ah Bid’ah Indonesia. Jakarta: Gema Insani Press
Thalib, Drs. Muhammad. 2002. Fungsi dan Fadhilah Membaca Al Qur’an. Bandung: Irsyad Baitus Salam.
Cimahi, 1 Januari 2012
Dewi Erita
No comments:
Post a Comment