Sunday 29 January 2012

Sedikit Catatan dari Guru Besar Thifan Tsufuk

Repetition is mother of skills
Kita membutuhkan gerak refleks dalam kehidupan sehari - hari.
Gerak refleks dapat dihasilkan dari latihan yang berkesinambungan.

Karakter murid itu cenderung cetakan dari karakter pembimbing.
Jadi hati - hati ya, beri tauladan yang baik^^

Insan yang ideal:
Istiqamah dalam Ngaji (Ruhiyah) & Fisik (Jasadiyah)

Siklus belajar Bela Diri:
Anggota thifan belajar Ilmu Bela Diri Thifan,
kemudian mengajarkan lagi,
Insya Allah orang tersebut termotivasi berlatih dengan lebih baik dan intensif serta dapat memahami lebih dalam Ilmu Bela Diri Thifan.

Tips istiqamah latihan dan terjaga semangat (militan):
1. Niat belajar Bela Diri Thifan
2. Umur dibatasi, sehingga kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin
3. Latihan Bela Diri sebagai wujud syukur karena telah diberi kesehatan dan ilmu Thifan Tsufuk
4. Bekal di Yaumil Akhir, tangan dan kaki akan didengar persaksiannya daripada mulut.
5. Memiliki keinginan untuk mengajarkan kembali, harus jadi panutan untuk anggota bimbingannya termasuk keterampilan bela diri.

Mengajar itu lebih berat dari berlatih, karena mengajar/ menjadi pembimbing itu akan ditiru oleh bimbingannya


Mitos:
1. Belajar Thifan akan sulit punya anak. Pada kenyataannya, anggota thifan yang berkeluarga dapat memiliki 7 anak. Subhanallah
2. Belajar thifan dapat seperti spiderman, nempel di dinding atau jalan di atas air. Kenyatannya tidak ada.

Prinsip Belajar Bela Diri
Bisa karena Biasa

Jika tidak bisa semua, jangan ditinggalkan semua
Jadi untuk yang sibuk, tetap berlatih meski sedikit durasinya.

Prinsip dasar Turgul:
1. Lihat lawan pada satu titik, kening misalnya
2. Lihat lawan dalam ukuran yang sama besar, sebesar kelereng misalnya, sebesar apapun lawannya tetap sebesar kelereng.
3. Sebelum bertanding percaya diri, tidak tepat bila menghancurkan bangunan mental, misal takut sebelum turgul karena lawan berbadan besar.

Ahad, 29 Januari 2012 @ PT Pindad Persero Masjid Al Fithroh
Review Taujih Ust. Habiburrahman, MBA
oleh Dewi Erita

Tuesday 24 January 2012

Essay: Kliping SMS

Malam itu . . .

Rahma: AtmOsfer rapat kmrn bner2 ga enak..  Ga mw lg. .

Nisa:  biar jd plajaran. Yg aq tgkep, ikhwn tnyt msh bsifat indvidualistis, dan blm mw saling mrangkul, pdahal ilmu agmany jauh tggi. Utk orgnisator jg blm maksimal. Qt blajar dr hal itu..

Rahma: Bukan hal itu, aku kan rapat dr awal.. Dan sptnya ad mslh pribd dbw2 pas rapat. . Bner2 ga enak
Nisa: Sok bilg aj. Emg ad ap.. da aq cm ikt sdikit kan, jd situasi yg aq bca jg dkit

Rahma: Gni, pas mulai kan ikhwan cm b’2, trus yg bka k’sansan, pmbukaan ga ad tilawah, trus t’widi marah teriak tilawah dulu! Udah tilawah, trus kan msuk k acra lama2 mrka bnyk dbatnya, trus t’widi minta ikhwan laen yg ngomong.. Pkoknya ga enak lah aku n ipeh nya, trus ikhwn2 pd ga ngmong, trus akhrnya k’diki lap PHD tp t’dw ngbhas lg yg logistik lg, dan aku bru pertma ngdnger k’sandro, k’diki sewot.. Haha, bru pas dteng ketuplak, beliau yg mimpin. Tp y gt situasinya ga nyaman bgt . .

Nisa: twdi udh crita jg brusan. Kalo yg twdi smpaikan bgni,, pgen d biasakn d awali tilawah, supya lbih brkah, bkmpul mlaikat.kan ga ad yg pgang lgistik y? tkutny ntar lempar2an tgas pas hr H. soalnya stiap twdi sms tkait kajian k 3 akang, y kyk pingpong aj, cb tny k kg ini aj, dsb, jd asa ga tahu menahu pdahal mreka kan msuk jajaran PJ. Dan mreka ga nghub pj tmbakan, kyk asep n kg diki sndiri. Twdi bharap acra ini bs tknsep dgn baik d awal dgn psiapan n prencnaan yg baik, jgan d nanti2, khwtir riweuh d hr H. sms aq tntg ikhwn td mgkin alasan dr aq knp bs tjadi rapat kyk tdi..

Rahma: Hm.. Tp mungkin cranya ga bs dpaksakan jg nis, krna keadaan ikhwan kita tw sndiri dikit dan pd sbuk, da mrka jg pd ngrjain bag yg laen ga diem da mrka jg, kerja sm itu btuh lho kita jg btuh org2 ny kan ini tuh acra brsm, ga mau lah aku mah pd kaku gtu serba slah. .

Nisa: agk aneh jg, rapat unit dkwah tp ga d biasain tilawah. hmm.. kykny ntar latian jg tilawah dlu, hehe

Rahma: Tilawah amalan baik, tp klo dibiasakan (dawamkan) khwatir jd bid’ah (hal yg baru). Setau aku mah di hadits jg utk membuka suatu acra ato keg yaitu shalawat biasanya d pembukaan (bukanya yg tlah dcontohkan rosululloh itu sebaik2nya cntoh? Lalu knp msh menggunakan logika ato perasaan yg menurut kita baik) klo mNurut aku mah jd ga ush d haruskan sblm lat krn lmbga dakwah, mudah2an kita bs mengikuti rosul semaksimal mungkin. Aamiin

(beberapa sms terlewat)

Rahma: Jgn cm jd babu mksud?

Nisa: hrusnya sling memahami,, yg sibuk ga cm mreka, tp qta hrus bs 100% dmana pun. Hmm bingung kalo beda prinsip y.. blajar manajemen knflik y d orgnisasi. Wlau diam tp sbnarnya bpikir kras,jgan cm jd babu.. subhanallah.. berat..

Rahma: haha.. entahlah, hny kta2 yg tbsit d pkiran dan cocok, haha jd Cuma nurut2 aj gtu.. tp ga mw ikt bpikir.. pdahal mnusia kan emg tkdirny bnyk bpikir.. tkait tilawah, innamal a’malu binniyat jg ya

Rahma: Iya, tp niat nya baik tp cr nya ga sesuai te2p aj, kan hrusnya niat yg baik dan cr ny jg sesuai yg dcnthkan rosul bkan hny baik mnurut kita. Mf y nis, sm skali ga mw ngguruin cm aku b’bg ilmu yg aku tau, ditrima ato nggak t’serah yg pnting udh menyampaikan yg haq.

Menanggapi persoalan di atas, Nisa meminta pendapat kepada beberapa teman dekat dan kakak tingkatnya.   

Teh Ammah: Semua orang itu melakukan  usaha terbaik menurut versi masing - masing. Cara yg kurang baik menurut kita, bisa jadi cara terbaik menurut orang lain. Hal seperti itu pasti ada d kehidupan kita sehari -hari. Kita hargai usaha itu dan nasehati oleh kita dengan baik pula. Ud’u ilaa sabiili robbika bil hikmati wal mau’idzatil hasanah wa jaa dilhum billati hiya ahsan.

Nisa: nuhun jawabannya teh. Nisa terharu, hiks.

Teh Ammah: Rapat di kampus saja yang mahasiswanya dominan berilmu Islam tinggi sudah timbul banyak pendapat, apalagi d DPR MPR yg banyak orang minim ilmu Islam dn cenderung korup, pasti pendapatnya lebih beragam dan banyak pertentangan, debat urat saraf. Subhanallah ikhwah kita yang dakwah disana. Siapa yang akan meneruskan estafet dakwah itu kalau bukan mahasiswa yang kritis, yang pandai bergaul sama semua orang, yang penampilannya enak dilihat, yang ramah sama semua orang, yang cerdas intelektual emosi spiritual?

Nisa: ya mungkin disini letak keberagaman manusia. Ada yang kritis, ada yang ustadz, ada yang jahat juga, kalo semua kritis entar jadi anggota DPR semua lagi, ha ha.

Teh Ammah: Ibu rumah tngga jg hrus kritis,spy masak ny ga itu2 aj. Anak kcil jg hrus,spy bs dpt strategi merayu orang tua beli in mainan. Pemulung hrus krtis spy dpt ide gmn caranya nyiptain mesin otomatis pngolah smpah. Smua orang hrus krtis klo mau maju dn sukses^^

Nisa: sip2. ya td mnggapi org yg dr sonony susah kritis. Blajar bareng2 spy kritis..heu

Teh Ammah: itulah hebatnya amal jama’I ^^

Vivi: klo bgtu mkn dgn sendok bidah? Krn itu tdk d cntohkan rosul dn itu pmbiasaan? Klo mnrt vi mah, emg tdk d haruskan tlawah, misal dgn mngucap slwt dn mmbka dgn basmalah itu cukup. tp..tdk smw keg rpat qt dpt efektif, trlebih jk d himp. Tlwh mrpk benteng dr kesia2n ktka rapat. Rpt qt dgn rsulullah dlu brbeda.qt mah byk bcnda dn mksiat’y mgkn. Wallahualam

Ifa: Amin,, Sebelumnya Jzklh khOir buar pengingatny.. Tak perlu meributkan sesuatu yg memang  tak layak diributkan, biarkan itu menjd keyakinan msing2 orang, selagi tidak keluar dr aqidah islam. Hmm.. Gak usah dipermasalahkan,, msh bnyk permasalahan yg harus diselesaikan,  ex:mOral gen.bgsa,allahualam

Teh Sofi: Apa lndasanY mnybutkn bid’ah? Krn yg tth tahu,ad sbuah hadits yg mngtakan dalam suatu majelis yg tdk dbckn  alquran,mka tdk akn dbrkahi.Tpi t lupa smber rinciY,ntr cb dcri dlu. Klo alsnY krn pd jman rasul tdk ad amln sprti itu,krn memg pd dsarx isi dri stiap prkmpulanY bnyk m’bhas ttg ilmu alquran…

Menanggapi percakapan via handphone di atas beserta sms – sms masukan dari beberapa orang, ingin rasanya menggali lebih jauh persoalan di atas. Permasalahan yang terjadi dalam suatu organisasi, baik itu hal kecil maupun besar, pasti ada dan seringkali menimbulkan perdebatan. Apa itu salah? Tentu saja tidak, bahkan bisa dikatakan baik, karena dengan begitu tiap invidu akan belajar bagaimana cara menghadapi persoalan tersebut. Kuncinya dengan ilmu dan pengalaman.

Terkait itu, penulis tergelitik untuk mencari lebih jauh tentang apa itu bid’ah? kenapa tilawah harus selalu ada dalam sebagian besar pembukaan suatu perkumpulan? benarkah merutinkan tilawah itu bid’ah?   

Bid’ah menurut bahasa berarti segala sesuatu yang diciptakan dengan tidak didahului contoh – contoh.

Menurut istilah, suatu ibarat (gerak dan tingkah laku lahir batin) yang berkisar pada masalah – masalah agama (syari’at Islamiyah). Dilakukannya menyerupai syariat dengan cara yang berlebihan dalam pengabdian kepada Allah Swt.

Sumber lain mengatakan bahwa bid’ah adalah sesuatu yang baru dalam agama, setelah agama itu dinyatakan sempurna dan setelah wafatnya Nabi. Sesuatu yang diciptakan namun menyalahi kebenaran yang diterima dari Rasulullah Saw dan prinsip agama yang benar.

Pembagian bid’ah ada beberapa macam, salah satunya

1.    Bid’ah diniyah yaitu berdoa kepada selain Allah, seperti kepada para nabi atau orang shalih, meminta pertolongan kepada mereka, menjadikan kuburan mereka sebagai masjid, menyalakan lampu di atas kuburan mereka, dan melakukan thawaf di kuburan mereka.

2.    Bid’ah duniawiyah, yang berkaitan dengan kemashlahatan dunia, hukumnya boleh, selama itu bermanfaat, tidak menimbulkan kerusakan atau memancing niat jahat, tidak melanggar hal – hal yang diharamkan dan tidak merusak nilai agama. Allah membolehkan hamba – hambanya melakukan kreativitas demi kemashlahatan hidup di dunia.

Secara garis besar, bid’ah adalah sesuatu hal baru yang tidak terdapat pada konteks ajaran Islam yang dibawa Rasulullah Saw., baik dalam masalah aqidah maupun syariah  yang aturan – aturannya sudah dijelaskan dalam Al Qur’an dan As Sunnah secara rinci. Adapun masalah – masalah yang berkaitan dengan hubungan sosial, seperti urusan mengatur negara, pertanian, kedokteran, strategi perang, dll, semua ini tidak bisa dikategorikan bid’ah (bid’ah dalam arti bid’ah diniyah).

Allah Swt memberikan kebebasan berpikir bagi manusia untuk mengungkap rahasia alam. Sebab itu, tidak tepat jika setiap hasil rekayasa manusia terhadap alam disebut sebagai bid’ah. Justru di antara tanda – tanda orang yang berakal sehat adalah punya kemampuan untuk mengembangkan akal pikirannya yang hasilnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan semua pihak. Dengan kata lain, umat Islam jangan memperbincangkan/ mengutak atik masalah yang sudah jelas halal haramnya. Pun tidak boleh terlalu cepat menganggap bid’ah terhadap sesuatu yang belum jelas kebid’ahannya.

Berdasarkan teori tentang bid’ah di atas, penulis menyimpulkan bahwa bid’ah tidak selalu buruk, tergantung masalah apa yang disinggung. Bid’ah tentang akidah dan syariat itu jelas haram. Sedangkan bid’ah dalam hubungan sosial itu justru harus dikembangkan agar mashlahat. Dalam penyebutan zaman sekarang, bid’ah akidah disebut bid’ah dan bid’ah sosial tidak disebut sebagai bid’ah,

Penulis sependapat dengan pernyataan Teh Sofi  bahwa tidak ada dasar menyebut merutinkan tilawah sebagai bid’ah. Tilawah Al Qur’an memang tidak dicontohkan Rasulullah dalam setiap pertemuan atau kegiatan sosial, karena pada dasarnya isi dari pertemuan itu membahas tentang Al Qur’an. Pernyataan Vivi juga mendukung pendapat tersebut bahwa tidak semua kegiatan rapat dapat efektif. Rapat kita dengan Rasulullah berbeda, kita cenderung banyak bercanda dan maksiatnya.  Tilawah merupakan benteng dari kesia-siaan itu.
“Barang siapa membaca sepuluh ayat Al Qur ‘an pada setiap malam, maka dia tidak akan digolongkan orang – orang yang lalai.” (HR. Hakim, Hadits Shahih)

Lalai dapat disebabkan oleh godaan syetan. Godaan syetan menyebabkan korbannya lalai dalam mengingat Allah sehingga mudah melakukan perbuatan dosa/ meninggalkan kewajiban agama.
Sangat luar biasa kekuatan Al Qur’an, salah satu mu’jizat Rasulullah. Beliau mewariskan sesuatu yang dapat menjaga kita dari kelalaian. Selain itu kita juga akan memperoleh naungan malaikat dan namanya disebut – sebut Allah.

“Suatu kaum yang berkumpul di salah satu masjid untuk membaca Al Qur’an dan mempelajarinya secara bersama di antara mereka niscaya akan diberi ketenangan, dinaungi rahmat, dipayungi malaikat, dan disebut nama – nama mereka oleh Allah di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)
Subhanallah, oleh karena itu hendaklah kita membiasakan diri berkumpul di masjid dan di tempat – tempat thalabul ‘ilmi membaca Al Qur’an secara bergantian supaya kita memperoleh fadhilah yang disebutkan oleh Rasulullah Saw. di atas. Kita hendaklah senantiasa berusaha menjadikan kegiatan membaca Al Qur’an sebagai agenda kegiatan sehari – hari. Orang yang tekun membaca Al Qur’an tidak akan malas melakukan kewajiban agama, amar ma’ruf nahi munkar, membantu orang – orang yang terlantar, dan lain lain. Insya Allah rapatpun akan efektif. Wallahu’alam

 
Pustaka
‘Abdussalam, Syaikh Muhammad. 2005. Bid’ah Bid’ah yang Dianggap Sunnah. Jakarta Timur: Qisthi Press

Hsubky, Drs. KH. Badruddin. 1994. Bid’ah Bid’ah Indonesia. Jakarta: Gema Insani Press

Thalib, Drs. Muhammad. 2002. Fungsi dan Fadhilah Membaca Al Qur’an. Bandung: Irsyad Baitus Salam.



Cimahi, 1 Januari 2012
Dewi Erita

KK8: Ulasan Teater BIDADARI DIBAWA JIBRIL

Sinopsis cerita yang dilihat:
Sepasang suami istri, rekan Hindun, sedang bercerita di ruang keluarga tentang masa lalu Hindun. Bahwa saat masih kuliah Hindun adalah seorang aktifis muslimah yang sangat tegas terhadap sesuatu yang menyimpang. Misalnya, dia berani menasehati dosen yang sedang merokok. Menurutnya, merokok itu salah satu bentuk penghancuran masyarakat Indonesia. Hindun juga sangat keras terhadap produk – produk asing dan menjauhinya. Bahkan dia menolak masuk rumah dosen untuk bimbingan skripsi karena ada anjing di tempat tersebut. Saat ini sikap Hindun telah telah berubah 180 derajat. Dia sekarang bekerja pada perusahaan asing, RedBerry. Hubungan dengan suami sangat dingin, sehingga belum dikaruniai anak. Beberapa lama setelah itu dia melepas pakaian muslimah, memelihara anjing, dan hal – hal menyimpang lainnya. Kemudian diketahui bahwa Hindun mengikuti aliran sesat. Suami Hindun benar – benar pasrah dan berdoa pada Allah agar istrinya diberi hidayah. Akhirnya, Hindun sadar dan kembali ke jalan yang benar.

Isi cerita:
Cerita berhikmah dengan alur runtut sesuai realita. Menampilkan masalah zaman sekarang. Memberi pencerahan bahwa seseorang yang taat pun dapat menyimpang jika tidak ada evaluasi diri dan komunitas yang dapat saling menasehati dan mengingatkan.

Seting tempat:
Tiap babak, detail tempat diperhatikan seperti pergantian taplak, meja, koran, dll. Pergantian babak diselingi lampu, sehingga cerita terlihat seperti film sungguhan.

Pemain:
Pemain mengerti peran masing – masing. Bloking tiap babak terkondisikan. Meskipun beberapa pemain melakukan peran ganda, pertukaran kostum dan sikap pemain diatur dengan baik sehingga tidak mengganggu jalan cerita.



Ulasan Teater Bidadari Dibawa Jibril_20 Januari 2012_Dewi Erita
Teater Bidadari Dibawa Jibril_15 Januari 2012_Panitia KK

Friday 20 January 2012

Muslimah yang mengukir prestasi sepeninggal Rasulullah

Bidang Matematika: Sutayta Al-Mahamli

    Pakar matematika ini hidup pada paruh kedua abad ke-10. Ia berasal dari keluarga berpendidikan tinggi di Baghdad, Irak. Ayahnya, Abu Abdallah Al-Hussein, menjabat sebagai seorang hakim yang juga penulis sejumlah buku, termasuk Kitab Fi Al-Fiqh & Shalat Al-I’dayn.

    Sang ayah tak memandang sebelah mata Sutayta yang berjenis kelamin perempuan itu. Ia mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan kepada anaknya, bahkan mendatangkan sejumlah guru untuk mengajarnya. Banyak hal yang diajarkan, tapi Sutayta lebih terpikat hatinya pada matematika.

    Sejumlah cendekiawan yang pernah menjadi gurunya adalah Abu Hamza bin Qasim, Omar bin Abdul Aziz Al-Hashimi, Ismail bin Al-Abbas Al-Warraq, & Abdul Al-Ghafir bin Salamah Al-Homsi. Sejumlah sejarawan, Ibnu Al-Jawzi, Ibnu Al-Khatib Baghdadi, & Ibnu Katsir, memuji kemampuan Sutayta dalam matematika. Sutayta sangat menguasai hisab/ aritmatika & perhitungan waris.

    Kedua cabang matematika tersebut berkembang dengan baik pada zamannya. Dalam aljabar, ia berhasil menemukan sebuah persamaan yang pada masa selanjutnya sering dikutip oleh pakar matematika lainnya.

    Bidang ilmu lain juga dikuasainya adalah sastra Arab, ilmu hadits, & hukum. Setelah lama bergelut dengan angka &memberikan kontribusinya dalam bangunan peradaban Islam. Akhirnya Allah SWT memanggilnya. Ia menghembuskan napas terakhir pada 987 Masehi.



Musfiroh,  Tadkiroatun. 2011. Rahasia Kedahsyatan Otak Wanita. Jakarta Selatan: Qultum Media.

Kamis, 29 Desember 2011
Dewi Erita

KK3: Sejarah Sastra

Ulet , , , uget , , , uget
Ulat itu panjang, kenyal, bergerak, dan menggelikan. Kemudian dia berubah bentuk menjadi diam, menggantung, sewarna dan kaku. Beberapa lama lagi, dia memiliki fisik yang tipis, berwarna, berantena, dan bisa terbang. Indah bukan?

Cerita di atas itu perumpamaan untuk Kuliah Kepenulisan yang diadakan Forum Lingkar Pena Bandung selama 3 minggu terakhir. Penuh inovasi dan menginspirasi. Benar – benar mengasyikkan bila setiap kita mulai kuliah ada saja sesuatu yang baru.


Tiga Pertama . . .
Bila minggu kemarin kuliah diawali dengan games di selasar hijau Salman ITB, hari ini disambut dengan banyak surprise.

Pertama, tata letak ruang kelas diubah menjadi bentuk landscape, sehingga tempat duduk peserta hanya dua shaf. Penting ga sih ngomongin yang kayak gini? Hmm . . ., lanjut dulu ya ceritanya. Nah, kalau posisinya seperti itu jadi lebih nyaman ke peserta yang lain. Kepala – kepala indah yang duduk di depan tidak terlalu menghalangi pandangan peserta belakang ke layar dan pemateri. Penting kan? He he maksa . . .  

Kedua, games awal kuliah itu Cerita Berantai. Isi ceritanya agak sulit diceritakan mungkin karena daya imajinasi Dw kurang atau isi ceritanya lumayan memusingkan sehingga tidak terdeskripsikan lewat tulisan. Pilihan kedua lebih kuat sepertinya. Meskipun memusingkan, ceritanya cukup untuk membuat air mata mengalir saking imajinernya para peserta dalam merangkai cerita, ha ha, hi hi pun tidak terelakkan. Hikmah games tersebut, kita harus konsentrasi dan cepat berpikir untuk menyambung alur. Latihan otak buat para penulis. Sip !

Ketiga, pembacaan puisi oleh panitia KK (kuliah kepenulisan, red). Trus apanya yang inovasi? Inovasi terletak pada sesi setelah itu. Peserta diberi kesempatan untuk membacakan puisi. Tidak perlu menunggu, peserta lain sudah menawarkan diri. Bagaimana kira – kira hasilnya? Pembacaan puisi berjudul “Lonceng” benar – benar Rruuar Biaazza, Subhanallah, Allahu Akbar.  No comment.


If you do not inspired, you expired . . .
Tiga inovasi itu cukup untuk membuat kita sadar bahwa manusia memang harus berinovasi. Brownies tiiiiit, keripik tiiiiiit, toserba tiiiiiit juga menciptakan sesuatu yang baru untuk menarik pelanggan agar tetap menjadi costumer tetap. Jika barang harus melakukan perubahan agar tetap exist, maka manusia harus lebih dari itu. If you do not inspired, you expired, kata – kata motivasi Dr. Jalaluddin Rakhmat, M. Sc dalam acara Moslem Youth Empowerment for Lovely Indonesia 3 (MYELIN 3) Ahad, 2 Oktober 2011 lalu. Ayo ikutan kawan! Acaranya seru abiezz, manfaat bangeets.


Let’s Begin . . .
Apabila telur ayam memiliki bagian cangkang dan isi, maka jika di analogikan, tulisan di atas adalah cangkang dan paragraf panjang di bawah ini adalah isi. Let’s go.

Materi pada pertemuan ketiga ini berjudul Sejarah Sastra oleh Pak Topik Mulyana, S.S. M.Hum. Satu hal yang saya suka dari cara beliau membawakan materi adalah dengan metode cerita, seolah – olah kita berada pada masa lalu. Benar – benar tergambar meski tidak semua. Cocok untuk karakter kebanyakan orang Indonesia yang cenderung lebih suka komik, novel, cerpen, dan sejenisnya daripada text book pelajaran kuliah. Betul ato betul?


Merdeka = Sastra ?
Siapa sangka bila kemerdekaan kita itu berasal dari sastra?
Penasaran?

Buku berjudul “Max Havelar” karya Multatuli yang dibaca mulai dari R.A. Kartini sampai pak Hatta itu ternyata membuat mereka sadar. Kartini paham bahwa perempuan ternyata diperlakukan tidak adil dalam mengenyam pendidikan. Pak Hatta tahu bahwa ada ketidakadilan perlakuan (hak dan kewajiban) antara orang – orang Belanda dan kaum pribumi (inlander), serta mereka, rakyat Indonesia, sedang dijajah oleh Belanda.

Buku “Noli Me Tangere” (Jangan Sentuh Aku), awal dari kesadaran rakyat Filipima terhadap penjajahan Spanyol.

Buku – buku itu memicu rakyat untuk melakukan pemberontakan melawan penjajah. Karya sastra menstimulus peperangan dengan penjajah. Karya sastra sebagai latar belakang kemerdekaan Indonesia. Subhanallah . . .


Sastra? Why not . . .
Sastra melahirkan generasi – generasi seperti pak Hatta dan rekan – rekan untuk jadi tokoh nasional bangsa. Berbeda dengan saat ini, oknum pejabat tinggi negara lebih suka memanipulasi anggaran untuk memperkaya diri sendiri dan/ atau orang lain (korupsi, red). Miris . . .

Penikmat sastra tidak memandang latar belakang keilmuan. Siapapun bisa, tidak hanya orang – orang yang bergelut dalam bidang sastra. Seorang dokter hewan dan lulusan PTN IPB merupakan beberapa orang yang pandai membaca puisi. Pembaca puisi yang lahir dari orang berlatar sastra ada tetapi tidak terlalu banyak.


Sastra Lama , ,
Kunci peradaban itu ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan itu dari sastra

Zaman Hindu – Budha
Pada zaman ini, sastra diisi oleh kesusastraan rakyat. Apa maksud sih? Secara sederhana, sastra ini masih merupakan cerita lisan, artinya sastra berasal dari rakyat tanpa ditulis (pada masa ini rakyat yang bisa membaca dan menulis jarang, kalaupun bisa maka orang itu disebut sebagai sarjana/ pandita). Cerita ini memiliki alur cerita sangat pendek, lebih pendek dari cerita pendek/ cerpen,  disebut cerita mini/ cermin. Cermin memiliki karakter seperti itu karena cerita ini ditulis dari ingatan mereka. Jika ingatan mereka panjang, maka cermin pun akan panjang. Contoh cermin yaitu cerita asal - usul, binatang, jenaka, pelipur lara. Selain kesusastraan rakyat, zaman Hindu – Budha diisi oleh epos India/ wayang (ramayana, mahabarata) dan cerita panji.

Zaman Peralihan Hindu – Islam
Masa ini, sastra sudah mengenal kata Allah, Muhammad, malaikat tetapi masih ada tokoh fiktif seperti peri, atau benda seperti jimat, ilmu menghilang. Coba simak cerita wayang. Itu jenis cerita pada zaman peralihan yang bisa kita temui zaman sekarang. Jenis sastra zaman ini yaitu Hikayat Indra Bangsawan, Hikayat Mara Karya, Hikayat Syah Kobat, Hikayat Langlang Buana.

Pada masa ini Islam mulai masuk, tapi pemerintahan masih memakai sistem kerajaan. Keluarga kerajaan dipercaya sebagai titisan dewa, yang perintahnya harus dilaksanakan. Sastra zaman peralihan dipakai oleh kerajaan sebagai tindakan politis untuk meyakinkan bahwa rakyat harus tunduk pada keluarga kerajaan, khususnya perintah raja. Dahsyat ya sastra itu . .

Zaman Islam
Cerita zaman ini sudah ada cerita tentang Al Quran, nabi Muhammad, sahabat nabi, dan pahlawan Islam. Sumatra dan Malaysia mengenal Islam dari kerajaan Islam di Persia. Buktinya? Nama raja – raja di kedua pulau tersebut kebanyakan memakai kata sya, mis. Sultan Sya, sebelum nama aslinya. Penamaan itu sama dengan kerajaan Islam di Persia. Owh..


Sastra Moderen , ,
Sastra moderen ada di masa penjajahan Belanda. Selama menjajah Indonesia, Belanda butuh administratur untuk keperluan pengarsipan dan pendokumentasian data rempah – rempah atau sumber daya alam yang diambilnya dari negeri kita. Nah, Belanda ingin menghemat anggaran menjajah dengan menjadikan rakyat Indonesia sebagai administratur lokal. Kenapa ga orang Belanda aja? Kan mereka pada pinter – pinter. Apabila mendatangkan administratur dari Belanda, akan memakan biaya banyak. Uang yang dikeluarkan untuk menggaji administratur Belanda itu besar dan mereka juga akan membawa keluarga besar ke Indonesia. Kebayang kan besar banget anggaran yang keluar ?

Rakyat Indonesia yang akan menjadi administratur bersekolah di kelas dua (kelas satu untuk orang Belanda). Jenis pendidikan di kelas dua tidak sebanyak di kelas satu, mereka hanya diajarkan membaca dan menulis. Gaji administratur yang berasal dari Indonesia sangat kecil, tidak sepadan dengan kerja keras mereka.


Sastra Moderen: Balai Pustaka
Rakyat Indonesia yang sudah bisa membaca dan mengenal tulisan, mulai banyak mengkonsumsi banyak buku bacaan. Bacaan – bacaan yang menuliskan realita keadaan rakyat Indonesia juga dibaca termasuk Koran Medan Priyayi. Koran Medan Priyayi (didirikan oleh Raden Mas … ) adalah koran yang membuka kesadaran rakyat Indonesia bahwa kita ini sedang dijajah. Ini memicu pemberontakan lewat tulisan.

Belanda sadar bahwa bila rakyat Indonesia banyak membaca, mereka akan tahu ketidakadilan yang diterima selama ini. Belanda merasa eksistensinya akan terancam bila hal itu dibiarkan. Akhirnya, Belanda mendirikan Kantoor Voor de Volkslectuur/ Balai Pustaka. Ini strategi Belanda untuk menyaring buku – buku atau tulisan apapun yang memicu pemberontakan. Buku zaman ini hanya boleh terbit dari Balai Pustaka. Bacaan ideal menurut Balai Pustaka itu harus berisi tulisan yang baik – baik dan bagus. Buku yang menulis tentang realita rakyat Indonesia disebut cabul, maksudnya tidak boleh mengungkap aib bangsa. Bacaan tentang realita pemicu pemberontakan yang terbit diluar Balai Pustaka disebut bacaan liar. 

M.Yamin membuat puisi tentang konsep negara yang dibuat secara konotatif agar lolos dari sensor Balai Pustaka. Konsep negara yang dibuat pada awal pemerintahan Indonesia berasal dari puisi. Pak Hatta merupakan salah satu penikmat puisi. Beliau menjadi founding fathers negara Indonesia. Pejabat tinggi sekarang kebanyakan pada baca apa ya?

R.A Kartini menulis tentang perasaan dirinya yang tidak bisa sekolah tinggi. Beliau ingin agar adat dalam keluarga diubah. Ini jenis tulisan yang lolos dari Balai Pustaka. Tulisan – tulisan beliau banyak terdapat pada masa ini.

Pak Hatta bisa mengkonsep negara diawali dengan banyak membaca, seperti puisi dan karya sastra lain. R.A. Kartini banyak menulis tentang keadaan adat istiadat dalam keluarga dan harapan di masa depan. Beliau juga banyak membaca buku yang disuplai dari temannya di Belanda.
Ingin berkarya? sudah baca berapa buku hayooo?


Sastra Moderen: Periode Pujangga Baru
Periode pujangga baru dimulai dengan lahirnya majalah Poedjangga Baroe yang dipelopori oleh Sutan Takdir Alisyahbana. Tulisan masa ini lebih bersifat mengagungkan negara barat. Tulisan – tulisan dari pujangga baru berisi ajakan. Bangsa Indonesia harus mengadopsi kebudayaan dan cara hidup Amerika agar menjadi negara maju. Indonesia harus meninggalkan budaya – budaya ke-Timur-an. Banyak tokoh – tokoh dan para ulama yang menentang tulisan tersebut. Periode ini melahirkan angkatan ’45. Masa ini merupakan masa penjajahan Belanda sebelum perang melawan Jepang.


Sastra Moderen: Angkatan ’45
Di mulai ketika Indonesia dikuasai Jepang. Aturan membuat suatu karya lebih ketat dari Belanda. Indonesia dalam keadaan chaos. Jepang menjajah lebih kejam dari Belanda. Rakyat benar – benar menderita. Mereka selalu diawasi oleh polisi mata – mata Jepang/ kempetai. Apabila ada orang yang memberontak, mereka langsung menghilang tiba – tiba (diculik oleh kempetai). Chairil Anwar termasuk orang yang sering memberontak terang – terangan dengan tulisannya sehingga sangat diawasi ketat oleh kempetai. Chairil adalah orang yang sering berpindah tempat tinggal, tidur dimana saja, mencaci agama, pikirannya kacau karena keadaan masa itu benar – benar penuh ketidakadilan. Pemberontak seperti Chairil benar – benar dijauhi. Dalam situasi itulah dia menulis puisi berjudul “Aku”.

Aku
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulan yang terbuang

Karya Chairil Anwar


Sastra Moderen: Angkatan ’66
Pada masa ini mulai lahir karya – karya Taufik Ismail. Dibandingkan dengan Karya R.A Kartini pada periode Balai Pustaka yang berupa syair, karya Taufik Ismail lebih mudah dimengerti, karena itu karya – karyanya dikenal sampai sekarang.

Pada tulisan Kartini, pendeskripsikan seseorang bisa sangat panjang (nyampe dua lembar lho). Misalnya Datuk Maringgih itu mukanya cekung (bentuk muka seolah – olah menggambarkan sifat dan karakter), matanya bla bla bla, alis nya bla bla bla, hidungnya bla bla bla, pendeskripsian pun berlanjut sampai  kaki. Itu belum termasuk deskripsi karakter yang digambarkan sangat jahat.

Kartini digambarkan secara fisik dari alis sampai kaki begitu cantik, cara jalannya anggun, perangainya baik, sopan dan santun. Pengkarakteran orang – orang adalah hitam putih. Artinya oarng baik digambarkan sangat baik dan orang jahat digambarkan sangat jahat. Mirip dengan sinetron zaman sekarang, kan? Berarti orang yang nonton sinetron itu orang jadul? No comment deh. Oleh karena itu, wajar apabila kita membaca buku R.A. Kartini tidak mengerti alurnya.

Secara umum kesusastraan moderen memiliki ciri khas, yaitu:
•    Balai Pustaka: Pertentangan adat & nasionalisasi
•    Pujangga baru: Ke’aku’an/ diri
•    Angkatan ’45: Individualisme kuat
•    Angkatan ’66: Puisi protes sosial terhadap pemerintah

Periode setelah angkatan ’66 tidak memiliki ciri khas seperti angkatan – angkatan sebelumnya karena berjenis eksperimental.

Subhanallah, ini hanya sedikit tentang sejarah sastra yang di-review. Mendengar langsung dari pematerinya tentu lebih dahsyat. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau istilah.



Review Sejarah Sastra _ Dewi Erita _ Senin, 5 Desember 2011
Sejarah Sastra  _ Topik Mulyana, S.S. M. Hum _ Ahad, 4 Desember 2011

KK2: Tata Bahasa Baku B.Indonesia

Bismillah . . .

Pagi – pagi nan cerah berangkat menuju Salman ITB dengan hati riang gembira. Meskipun mata kuliah hari ini terbayang akan monoton dan menguras banyak pikiran, semangat pagi harus tetap menyala.

Dewi tiba pukul 09.00 di basement,pukul 09.03 di ruang tamu kelas Ustman, terlambat 3 menit. Ahad depan harus lebih in time. Semangat!!!

Sejauh mata memandang, baru dua orang peserta yang datang. Perkenalan dan percakapan akrab pun terjadi, bla bla bla. Di akhir percakapan, Dewi mempromosikan coklat enak isi selai bluberi, stroberi, & kiwi. (Tersedia juga coklat dalam toples untuk bingkisan, kudapan Hari Raya Idul Fitri, dan lain – lain. Bentuk, ukuran, dan jumlah serta tulisan dapat dipesan mulai harga Rp15.000-Rp.35.000, ha ha ha, I love selling)
Menit demi menit terlewati, semakin banyak peserta lain bermunculan.

“Teh, silakan dilihat-lihat coklatnya. Coklat asli isi selai, selai bluberi dan stroberi, baunya harum sejauh mata memandang.”

“Buat sendiri?”, tanya salah satu dari teman – teman.

“Iya”, diakhiri dengan senyum paling manis.

“Wah, bla bla bla”, percakapan antar pelanggan dan Dewi berlangsung cukup lama. Mulai dari proses pembuatan, bahan, penjualan. Promosi ke beberapa kelompok peserta akhirnya membuahkan hasil. Coklat seharga Rp1500 terjual, alhamdulillah senangnya.

Acara berlanjut ke games ta’aruf. Hmmm, menyenangkan (jenis games ini kemudian di adopsi ke acara Kajian Ilmiah Islam dan Kethifanan UKM Thifan Po Khan Tsufuk Universitas Pendidikan Indonesia pada hari Sabtu, 3 Desember 2011, he he he, promosi lagi, I love selling).

Kuliah dimulai. Pemateri datang. Dilihat dari fisik dan tampilan, nampak seperti mahasiswa pada umumnya (ya iyalah, 1985 gitu lho). Saat moderator membacakan Curiculum Vitae, terbayang di pikiran bahwa selama dua jam beliau mengisi kuliah berjudul Tata Bahasa Baku B.Indonesia dengan penuh tuntutan menghafal aturan – aturan menulis, subhanallah perjuangan, (apapun itu “makan” aja Wi, namanya juga belajar).
Benarkah bayangan pikiran tadi itu benar, tenyata TIDAK saudara – saudara. Beliau mengisi kuliah dengan cerita, yah cerita. Cerita yang berisi tentang mengapa harus ada aturan, apa resikonya bila menulis sesuai aturan pribadi, bagaimana aplikasi tata bahasa dalam kehidupan sehari – hari, dll.

Sahabatku, ternyata bila tulisan kita ingin dibaca oleh saudara kita dari Aceh sampai Timika Papua sana, kita harus membuat tulisan dengan aturan itu. Jika tidak, maka maksud tulisan dari penulis ke pembaca tidak akan sampai. Membuat novel, cerpen dll harus baik dengan benar, tidak harus baku dan meninggalkan kekhasan berbagai macam daerah. Tulisan Baku itu hanya ada di Jurnal Ilmiah, Skripsi, Karya Tulis Ilmiah, dll. So, mari menulis.



Review Kuliah Kepenulisan Forum Lingkar Pena Bandung
Sabtu, 27 November 2011 09.00-12.00
By Dewi Erita

KK4: Teori Sastra (Beberapa Hal Tentang Sastra)

Bismillah . . .

Ahad sore, berdiri membelakangi salah satu ruangan rumah kayu di Salman ITB, menikmati permainan badminton empat ikhwan satu lawan satu, membentuk persegi saling berhadapan, tangkisan kok yang di smash membentuk huruf X, bersilangan, perpaduan bunyi yang berirama, dihiasi canda tawa dari pemain, benar – benar menyenangkan.

Sudut lain mesjid, ada sekelompok orang di deretan bangku tempat wudhu akhwat, saling bercerita, membahas sesuatu, sesekali tersenyum, tertawa, serius. Di kejauhan, selasar masjid  koridor timur, pelajar, mahasiswa belajar berkelompok. Sedikit ke kanan, terhampar rumput hijau, pohon – pohon berdiri menghadap langit, beberapa orang bermain di sana.

Subhanallah, ada kebahagiaan melihat itu semua. Dimanapun mata ini singgah, disitulah terdapat aktivitas. Semua orang bergerak, menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Pemandangan dinamis, right place for charging energy of soul and spirit.


Déjà vu . . .

Enam jam yang lalu, kembali mengingat aktivitas kuliah kepenulisan tadi pagi. Pertemuan keempat, materi Teori Sastra oleh pak Nana Suryana Sobarie, Dosen Sastra Unpad.

Beberapa Hal Tentang Sastra, judul materi yang beliau sampaikan, mewakili mata kuliah Teori Sastra satu semester.

Dua jam materi yang beliau uraikan, hanya satu kalimat sebagai simpulan,    
“Memahami sastra pada dasarnya memahami kehidupan.”


Kakawihan pun Sastra . .

Neleng neng gung
Neleng neng gung
Geura gede geura jangkung

Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi


“Bu, tahu tidak si Fulan itu ternyata … “

Senandung sunda, lagu anak – anak, obrolan ibu – ibu di atas merupakan contoh sastra. Semua orang kenal sastra seolah – olah seperti menarik nafas.


Sastra Menembus Batas

Sastra itu karya kreatif, bersifat subjektif (indah-tidah indah, baik-buruk, bermutu-tidak bermutu), dan bernilai relatif. Sastra atau bukan suatu ungkapan bahasa ditentukan oleh cara pandang masyarakat, misalnya:
•    Zaman dahulu paririmbon termasuk sastra, sekarang tidak.
•    Surat – surat Kartini bukan sastra, saat ini disebut sastra.
So, sebutan sastra bergantung pada lingkungan kebudayaan dan zaman yang melahirkannya.


Organ Sastra

Sastra bernilai estetik jika memilki keutuhan, keselarasan, keseimbangan, dan menekankan pada suatu unsur tertentu. Utuh berarti setiap unsur harus menunjang upaya pengungkapan ide pengarang. Ukuran maupun bobot setiap unsur sesuai dan seimbang dengan fungsinya secara selaras.  Suatu unsur berusaha menunjang daya ungkap unsur yang lain serta penekanan yang lebih besar pada unsur yang penting. Simple?  


Sastra, What’s the ingredient?

Bahasa adalah bahan baku sastra, sarana primer yang sudah memiliki makna. Lain halnya dengan cat, bahan dasar yang belum bermakna sebelum dipakai oleh pelukis.

Ilmu – ilmu selain sastra misalnya jurnalis, baik maksud dan penyampaiannya sama. Sedangkan sastra, maksudnya ‘X’ dengan cara penyampaian ‘Y’. Contohnya pada puisi berjudul “Malam Lebaran” yang berbunyi bulan di atas kuburan. Makna puisi tersebut sangat berbeda dengan kata – kata.yang tersurat.

Dunia kata – kata jauh lebih imajinatif daripada film karena sastra dalam kata bisa memiliki tafsir berbeda pada setiap orang (multitafsir). Contohnya, banyak tayangan film layar lebar diangkat dari novel mengecewakan penonton yang telah membaca novel.


Rute Sastra

Pencipta karya sastra melakukan observasi, kontemplasi, partisipasi terhadap alam semesta yang kemudian menghasilkan inspirasi untuk membuat sastra. Sastra itu diapresiasi oleh pembaca dengan alam semesta sebagai referensi. Siklus yang indah . . .


Tambahan

•    Pendekatan mimetik menitikberatkan pada semesta, contoh: Laskar Pelangi.
•    Pendekatan ekspresif menitikberatkan pada peran pengarang, contoh: Puisi “Aku” karya Chairil Anwar.
•    Pendekatan pragmatik menitikberatkan pada peran pembaca, contoh: penerbit memesan tema yang sedang booming pada penulis.
•    Pendekatan objektif yang menitikberatkan pada karya sastra, contoh: analisis unsur intrinsik sastra.



Review Teori Sastra (Beberapa Hal Tentang Sastra)_Kamis, 15 Desember 2011_Dewi Erita
Teori Sastra (Beberapa Hal Tentang Sastra)_Ahad, 11 Desember 2011_Nana Suryana Sobarie

KK6: Proses Kreatif Karya Sastra (Cerpen: Hiking to Tangkuban Parahu)

Liburan . . . libur . . . libur . . .

    Hari – hari pertengahan liburan anak – anak SD, SMP, dan SMA yang berlangsung selama 2 minggu menyisakan macet di jalan raya tempat – tempat wisata. Hari Senin, hari terakhir pekan sunyi kampus Universitas Pendidikan Indonesia juga masih terhitung sepi. Sebagian  kecil mahasiswa yang sudah pulang ke kosan masing – masing akan menjalani UAS besok, sisanya minggu depan lagi. Jam – jam terakhir di hari Senin dimanfaatkan belajar SKS (Sistem Kebut Sehari/ Semalam), wajar. Lho?
Senin yang menyenangkan juga dimanfaatkan untuk refreshing fisik/ pemanasan sebelum UAS besok. Hiking ke Gunung Tangukuban Parahu menjadi pilihan. Penasaran cerita selanjutnya? Teruskan membaca,,
Road to Tangkuban,,

    Angin pagi nan segar menyentuh kulit, membelah udara di sepanjang jalan lurus gerbang gate satu menuju gate dua BNI UPI, nikmat bermotor menembus udara menyapu wajah sampai terlihat teh Santi dan teh Neli berboncengan, menyamai lajunya untuk bertegur sapa, untuk kemudian disusul menuju parkiran. Tepat pukul enam kurang empat, beberapa menit sebelum waktu berkumpul tiba.

Santi: “Yang lain mana wi?”

Dewi: “Mungkin belum pada dateng Teh.”

Neli: “Assalamu’alaikum, Neli.” Sambil salaman pipi ketemu pipi. Senyum manis

Dewi: “Wa’alaikum salam, Dewi, temen Teh Santi ya.” Balas senyum manis.

    Beberapa menit kemudian berdatangan satu per satu, Rati Ningrum, disusul Norma Rahmi Maryam,  Syifa Fauziah, Sarah Nurtin Halimah dan dua orang akhwat berboncengan, teman teh Santi.

Rati: “Putri Gading yang ikut siapa aja?”

Ami: “Kita aja, berenam sama temen Teh Santi lima orang, Ares mau ikut, tapi hari ni dia UAS.”

Rati: “Hah, hari ini?”

Ami: “Entahlah.”

Rati: “Yang lainnya mana?”

Ami: “Syifa disitu, lagi makan cemilan.”

Kemudian muncul lagi dua orang akhwat berboncengan melewati gerbang gate dua tempat kita berkumpul. Di sisi lain gerbang,

Dewi: “Sarah kenapa duduk disini?”, terlihat Sarah duduk selonjoran di aspal tempat motor keluar.

Sarah: “Sakit perut Mbak, lagi nahan.”

Dewi: “Oh.” Sarah terlihat mengkhawatirkan.

    Mobil pengantar kami, angkutan kota St.Hall-Lembang,  datang. Celoteh – celoteh ringan dan obrolan mengisi perjalanan menuju Sukawana. Dari mulai cerita UAS, persiapan tadi pagi, sampai ke cerita – cerita unik dan aneh pada camping, outbond, rihlah, hiking yang pernah diikuti beberapa waktu lalu. Kelompok mengobrol terbagi antara teman teh Santi dan anggota Putri Gading, belum saling kenal dekat.
Syifa: “Ada yang mau?”, sambil menawarkan roti hijau dan susu. Percaya atau tidak, sebagian besar dari peserta hiking sedang sarapan susu dari merek yang sama dengan berbagai rasa. Benar – benar kompak, sehati.

Ami: “Ga, sok aja. Besok UAS, sekarang hiking, mantep, ga pa pa refreshing, ha ha ha.” Sambil tertawa khas Ami.

Rati: “UAS apa?”

Ami: “Lopen.”

Dewi: “Apa tuh, mata kuliah cinta? Trus kenapa banyak yang UAS-nya minggu depan, jadwalnya minggu ini kan?”

Ami: “Heu, bukan love tapi lopen, pengelolaan pendidikan. Minggu ini UAS-nya MKDU (mata kuliah dasar umum) dan mata kuliah tentang pendidikan, jadi mahasiswa yang non pendidikan, kebanyakan minggu depan.

Syifa: “Sarah tidur.” Sarah duduk di ujung dekat pintu, kepala direbahkan di pangkuan kaki sehingga yang terlihat hanya punggung dan bagian belakang kepala.

Dewi: “Sakit perut.”

Santi: “Tadi terlambat beberapa menit, biasanya setengah jam atau satu jam.”

Dewi: “Alhamdulillah ada kemajuan.”

    Masuk daerah Villa Istana Bunga. Bangunan – bangunan berarsitektur indah kelas elite berdiri rapi menghiasi tempat itu. Dari mulai bentuk luar rumah yaitu, dinding, pintu, jendela, halaman sampai perabot pelengkap, semua tertata dengan kerapihan dan keindahan yang luar biasa. Sampai di ujung perumahan, kami turun. Pemanasan dilakukan bersama melingkar. Ta’aruf antar orang menjadi pembuka senam sendi. Nelly Novianti yang tadi pagi berboncengan dengan teh Santi, Fathya Nur Fadhila berkerudung coklat, Lustiana Anwar mengenakan jaket panjang berkerudung ungu, Dede Muharti, dan Ina Muslimah berjaket biru  donker panjang, semua teman teh Santi berjumlah lima orang, anggota Putri Gading UPI enam orang, total sebelas. Perkenalan untuk saling menjaga saat hiking berlangsung.   

    Usai pemanasan, kami berjalan melewati pintu kecil menuju perkebunan sayur warga Sukawana, berhenti sejenak, mempersilakan beberapa orang untuk pergi ke toilet menuntaskan kebutuhannya masing - masing.
Dewi: “Sarah tadi makan apa sampe sakit perut?”
Sarah: “Biasa Mbak, kena angin pagi suka kayak gini.”

    Sarah sudah mulai terlihat bahagia seperti biasa, raut wajah penuh senyum kemenangan, seolah telah melewati perjuangan yang amat berat selama perjalanan tadi.

 
Satu . . . Dua . . . Tiga . . . langkah menuju Tangkuban Parahu

    Tanah lembab, berair dan ada genangan di beberapa tempat. Kanan kiri banyak jenis tumbuh – tumbuhan sayur. Dua sampai tiga nenek tekun bekerja di sekelilingnya. Beberapa kali lewat pejalan kaki, pekerja kebun tersebut. Kami terus berjalan di jalan setapak, memanjang ke belakang, seperti main ular – ularan.
Tiba di perkampungan penduduk. Jalan sudah beraspal. Rumah – rumah masih sederhana, ada yang dindingnya masing dari bilik bambu. Warung penjual makanan ringan dan lauk pauk terlihat disamping rumah. Lewat depan pintu pabrik yang terbuka, tampak potongan kayu – kayu bertumpuk di satu sisi dan sisi lain terlihat api menyala. Beberapa meter dari sana ada tempat mesin – mesin kayu berjejer rapi. Berjalan lagi, ada mesjid. Di halaman depan berdiri selompok anak muda dengan pakaian yang warnanya sudah mirip tanah, sepertinya mereka baru saja mandi lumpur.
Sampai di perkebunan teh, jalan – jalan berbatu, agak lebar, kami berjalan berjajar 2 – 3 orang. Dalam perjalanan, kami sering berjumpa dengan orang – orang berpakaian penuh tanah lumpur, satu, dua, sampai sekitar lima orang. Awalnya setiap kali berpapasan dengan mereka tidak ada sesuatu yang ganjil. Tapi setelah berpapasan lagi dengan orang – orang itu di beberapa kesempatan,
Dewi: “Sarah, kok tadi teteh nyium bau kencing?”
Sarah: “Iya Mbak sama, he he he”

    Berpapasan lagi,
Dewi: “Yang ini bau keringat.”
Sarah: “Iya, ha ha ha.” Sambil mengipas – ngipas udara di depan hidungnya.

    Lagi,
Sarah: “Yang tadi juga Mbak.”
Dewi: “Nggak kerasa.”

    Ujung jalan itu kami menemukan bukit kecil berselimut teh, polanya seperti obat nyamuk bakar, melingkar dari atas sampai bawah. Di sekitar bukit itu, daun teh tersusun berpetak – petak. Di salah satu jalan setapaknya kami berjalan satu – satu setelah sebelumnya istirahat dan merasakan minum langsung air dari selang yang ada disana. Itu bukan air mentah, tapi berasal dari mata air. Rasanya seperti air mineral. Pengalaman pertama meminum air langsung dari alam tanpa dimasak, seperti di televisi.

    Beberapa menit sampai di bawah di bukit yang agak tinggi. Kami naik ke atas, memotong jalan. Menembus rumput tinggi sepinggang, seperti berenang. Kanan kiri penuh tumbuhan, badan kami seperti tenggelam saat berjalan naik, menembus daun, berjalan dengan langkah besar. Sampai di atas, masih terus berjalan dan kami menemukan jalan setapak lagi.

    Berjalan menyusuri jalan setapak, tetap dikelilingi perkebunan teh. Dari sana kami berbelok untuk kemudian naik ke atas, jalan mendaki. Dari sini mulai terasa apa itu hiking. Seperti naik tangga digunung dengan permukaan tanah, panjang, jauh, lebar agak sempit kadang sedang. Istirahat sejenak dipertengahan tangga, kemudian naik lagi. Tangga istiqamah nampaknya merupakan nama yang pantas. Begitu sampai di atas kami istirahat lagi, melihat pemandangan. Disana ada kolam ikan.

    Tantangan berikutnya adalah melewati jalan setapak yang amat kecil. Yang hanya muat untuk kaki. Sehingga dari lutut sampai pinggang bahkan sampai leher, badan kami dipaksa untuk bersenggolan dengan tumbuh – tumbuhan yang tinggi. Sebalah kanan ada bukit yang tinggi, sedangkan disebelah kiri terhampar perkebunan teh yang luas. Seolah berjalan ditepi kolam renang kebun teh. Beberapa jalan kami lewati dengan santai, tapi dibeberapa tempat, kami harus benar – benar mendorong tubuh untuk bisa melewati tumpukan batang semak yang membanjiri jalan. Terkena sapuan puluhan semak benar – benar biasa di jalan itu. Di akhir jalan itu, baju terlihat basah bergaris – garis, terkena ratusan ranting yang berembun sepanjang jalan itu.

    Kami istirahat di ujung jalan itu. Melihat pemandangan teh, membuat mata terasa segar. Hal – hal yang membuat otak ini tenang dan fresh ketika kita melihat sesuatu yang berwarna hijau. Itu adalah salah satu terapi menenangkan pikiran sehingga membuatnya otak lancar, memangkas seluruh kepenatan. Ini yang dibutuhkan orang – orang ketika setelah lama bermain dengan asap kota dengan segala hiruk pikuknya, lebih khusus untuk beberapa orang yang besok UAS. Setelah satu minggu belajar, mengerjakan tugas, memakai otak untuk bekerja, berpikir, tubuh benar – benar telah diisi dengan perjuangan yang melelahkan, terutama di bagian kepala. Belajar adalah kebutuhan otak, dan menggerakkan tubuh adalah kebutuhan badan. Semua harus seimbang. Bukankah cukup, membayar enam hari untuk memanaskan otak dengan satu hari untuk kebutuhan fisik? Tidakkah itu seimbang, memenuhi semua hak tubuh?

    Perjalanan dilanjutkan, dari sini tidak ada lagi jalan menanjak. Area hiking saat ini adalah hutan dengan jalan berbatu. Jalan yang amat panjang namun menyenangkan. Di sini kami menemukan banyak tanaman, bahkan memakannya mentah – mentah. Pertama kami bertemu tanaman Honje, bentuknya lonjong mirip tunas, berwarna merah. Kemudian daun pegagan, hijau dan berbentuk  love dengan belahan ditengahnya. Daun ini adalah tanaman herbal, rasanya cukup enak, tidak ada rekayasa rasa, alami. Arbei berwarna orange, agak asam tapi segar. Banyak lagi yang kami coba, bagai wisata kuliner gratis, dan menyehatkan tentunya.

    Beberapa kali berhenti. Terus berjalan lagi, sampai akhirnya kami menemukan salah satu kawah Tangkuban Parahu. Subhanallah, rasanya perjuangan kami dengan segala kelelahannya tidak terasa, terbayar sudah, bahkan lebih dari itu. Kami lahap semua pemandangan itu.

    Di arena ini, kami makan siang, hanya ada beberapa orang lewat, selebihnya hanya kami berdua belas. Makan dengan lalab daun yang di ambil dari alam, namanya Poh Pohan. Rasanya seperti mangga, tapi setelah dikunyah lebih lanjut rasanya menjadi seperti jambu batu.

    Lama istirahat makan siang, kami melanjutkan perjalanan ke kawah berikutnya, melewati hutan lagi, jalannya mendatar, dan terasa seperti berjalan di selokan hutan. Beberapa menit, sampai di tower, berjalan lagi. Kembali berjalan di badan hutan, jalannya menurun, seperti turun tangga. Tantangan berikutnya. Jalan menurun ini penuh liku, akar pohon jadi beberapa tangga. Undakan tanah menurun, berpegangan ranting dan akar pohon, melewati gua, turun pakai tali, kanan kiri batu koral, hampir terpeleset, benar – benar hiking.

    Ujung jalan kami menemukan kawah dengan pagar dari batang pohon. Menyusuri jalan, mulai ada banyak orang. Tantangan terakhir, naik turun batu koral putih. Beberapa koral yang tinggi, kadang harus berpegangan saat menuruninya dan langkah yang tinggi dan panjang untuk menaikinya. Sampai di koral terakhir, disana sudah ada ribuan orang hilir mudik, mobil terpajang berderet memenuhi lingkungan wisata Gunung Tangkuban Parahu. Penjaja makanan dan souvenir berjejer disisinya. Nampaknya ini akhir dari hiking kami hari ini.

    Perjalanan yang sangat menyenangkan, perjuangan selama enam jam berjalan terbayar dengan kenikmatan yang berlipat – lipat. Puas rasanya berwisata di Tangkuban Parahu setelah hiking sebagai pembuka. Lebih terasa nikmat mendapat sesuatu bila terlebih dahulu kita melewati perjuangan yang amat menguji fisik dan mental tentunya.

    Tulisan di atas bisa di anggap sebagai cerpen pada awalnya. Ini adalah bentuk realisasi dari hasil Kuliah Kepenulisan Ahad kemarin. Proses kreatif karya sastra adalah dengan membuat pertanyaan dan merangkaikan cerita. Pertanyaan tentang kondisi sekitar kita, kenapa ini bisa terjadi, apa yang diperbuat orang itu, kapan terjadinya kejadian menarik, kemudian kita rangkaikan semua jawaban tersebut adalah kunci dari tulisan. Itu adalah Itu adalah kesimpulan hasil kuliah selama dua jam . Dan tulisan ini adalah langkah awal untuk berlatih proses kreatif itu.



Review Proses Kreatif Karya Sastra_8 Januari 2012_Dewi Erita
Proses Kreatif Karya Sastra_1 Januari 2012_Yus R. Ismail

KK7: Pengantar Penerbitan

Kuliah kepenulisan pertemuan 7 “Pengantar Penerbitan” yang dibawakan oleh Pak Syamsu telah memberikan beberapa poin penting yang bisa memacu kita untuk terus berkarya.
Here we are . . .


Publishing Transformation
Publishing, industri yang memproduksi dan memperbanyak literature dan informasi.
Industri dipagari oleh aturan bisnis dan menuntut kecepatan yang luar biasa.
Aturan  bisnis itu adalah bisnis harus menguntungkan.


Publisher as a creative industry
1.    Periklanan
2.    Arsitektur
3.    Seni dan barang antik
4.    Kerajinan
5.    Desain
6.    Fashion (mode)
7.    Films, video, fotografi  
8.    Game interaktif
9.    Musik
10.    Seni pertunjukkan
11.    Penerbitan dan percetakan
12.    Komputer
13.    …
14.    …

PT Sygma Creative Media Corp telah memiliki sembilan dari empat belas poin kreatif industri (periklanan, desain, fashion, films video fotografi, game interaktif, dll)


Publisher by its system
•    General Publisher (Mayor Label)
Tipe industri bekerja dengan sistem, setiap bagian produksi memiliki ahli tersendiri.

•    Self Publisher (Indie Label)
Tipe bisnis yang semua proses (membuat, mencetak, menjual) dilakukan sendiri.
Untung, efektivitas dan efisiensi. General Publisher yang bekerja dengan sistem, dapat menghasilkan keuntungan maksimal baik dari segi waktu (efektivitas) dan barang (efisiensi).


Publisher by segmentation
•    General book
•    Religion book
•    Children book
•    Teenager book
etc


Publisher general workflow
1.    Idea generation
(analisis tren industri, analisis supply dan permintaan barang, media usage habits analysis, social economy and life style analysis)
Proses penyaringan berbagai tulisan yang masuk. Tulisan dinilai dari segi tema, pengaruh tema tersebut dalam masyarakat, kebiasaan masyarakat dalam memilih tema buku.

2.    Idea screening
(consumer needs wants and expectating, corporate business policy and strategy, existing business infrastructure)
Penyaringan kedua, menilai apakah jenis tulisan dibutuhkan dan diharapkan kehadirannya oleh masyarakat. Kemudian melihat apakah sesuai dengan visi misi perusahaan. Dan apakah keuangan dan tim pengelola tersedia untuk penerbitan karya tersebut. Apabila lolos proses ini, maka pasti tulisan itu akan diterbitkan.

3.    Creative content development
(creative content product concept differentiation)
Proses pembuatan buku dari segi cover, jenis kertas, desain buku, ukuran buku, ukuran huruf, dll.

4.    Creative content testing
(creative content product concept acceptance)
Penerbit memproduksi beberapa buku kemudian mengundang perwakilan dari beberapa sekolah SMA misalnya untuk testing kelayakan buku yang sudah dibuat samplenya.

5.    Creative content marketing strategi developmet
(product positioning, product use developing, branding strategi, improgram development).
Penerbit membuat lebih banyak buku, misalnya 20.000 buku, kemudian melakukan proses promosi.


Publisher prodev workflow
Proses yang sama dengan general workflow, hanya berbeda jenis bagan penjelasan.


Publisher script assesment


Publisher today
20% harga cetak
2% harga publishing, editing, lay out
7% untuk penerbit

Keuntungan dari keseluruhan proses yang rumit dalam mencetak buku hanya tujuh persen untuk penerbit. Minim sekali karena proses percetakan itu mahal. Dalam hal penjualan yang mengambil untung lebih banyak adalah distributor/ penjual buku, seperti Gramedia. Gramedia mengambil untung 40% dari setiap buku, subhanallah.

Saat ini era penerbitan buku sudah menurun. Kemajuan teknologi membuat masyarakat cenderung tidak membeli buku dan memilih mencarinya di internet. Software buku sudah tersedia dengan kecanggihan pemakaianya. Bahkan perpustaanpun kini sudah bisa dinikmati dalam dunia digital dan hanya perlu menggeser – geser layar untu mencari buku (gadget tablet).

Apabila tulisan kita sulit menembus penerbit, maka cobalah untuk membuatnya di sofware pembuat buku sendiri dan terbitkan di dunia maya.

Hanya tentu saja, sesuatu yang diproduksi oleh sistem akan lebih massive penjualannya. Transformasi dunia buku/ penerbitan buku ke era penerbitan buku era digital sudah ada di depan mata. Para penulis harus terus berkarya, karena sejarah dan perkembangan ilmu pengetahuan tercatat oleh tulisan.


Conclusion
Kreativitas itu tidak akan pernah mati. Dunia kepenulisan akan tetap ada sampai hari kiamat, hanya media saja yang berubah.

Kreativitas menjual itu jauh lebih besar pengaruhnya terhadap suatu produk dibanding dari kreativitas produksi.



Review Pengantar Penerbitan_15 Januari 2012_Dewi Erita
Pengantar Penerbitan_8 Januari 2012_Syamsu (General Manager PT Sygma Creative Media Corp)